Iran-Suriah Bahas Soal Ancaman Israel

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad tiba di ibukota Suriah, Damaskus, Kamis (25/2) pagi dalam kunjungan resminya ke negara itu. Di Damaskus, Ahmadinejad bertemu dengan Presiden Suriah, Bashar Assad dan sejumlah pimpinan dari kelompok perlawanan Hamas dan Hizbullah.

Dalam pertemuan itu, mereka membahas tentang ancaman Israel dan upaya AS untuk mengganggu hubungan antara Suriah dan Iran. “Pembicaraan akan fokus pada upaya untuk mencapai keputusan-keputusan baru dalam menghadapi kemungkinan ancaman dari Israel,” kata Presiden Iran.

Ia menegaskan, Iran-Suriah akan berdiri di barisan paling depan untuk melawan rezim Zionis. “Rezim Zionis dan antek-anteknya di kawasan Timur Tengah sedang menuju ke arah kebuntuan. Sikap kaum Zionis yang terus menerus mengancam negara-negara di sekitar wilayah Palestina, membuat Iran dan Suriah merasa perlu untuk membuat keputusan-keputusan baru untuk menghadapi kemungkinan ancaman-ancaman dari rezim Zionis,” papar Ahmadinejad di bandara Tehran sebelum menuju Suriah.

Dua minggu sebelum berkunjung ke Suriah, Presiden Iran melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Suriah. Pada Assad, Ahmadinejad mengatakan bahwa Israel harus dilawan dan rezim Zionis harus “dihabisi” jika berani melakukan serangan militer ke kawasan Timur Tengah.

Sementara itu, AS belakangan ini aktif melakukan pendekatan pada Suriah agar menjauhkan diri dari Iran. AS misalnya, memulihakn hubungan dengan Damaskus yang terputus sejak tahun 2005 dan mengumumkan nominasi diplomat karir yang akan menjadi duta besar pertama AS di Damaskus. Dubes itu nantinya juga akan berperan sebagai penasehat keamanan AS terkait masalah Suriah.

sumber dari http://www.eramuslim.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: